REGULASI DAN PROSEDUR PENDIRIAN PERUSAHAAN

Badan Usaha ialah kesatuan hukum, teknis, dan tujuannya mencari laba atau memberikan pelayanan kepada masyarakat yang menggunakan faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa.
(Kata kuncinya Kesatuan Hukum dan teknis, Tujuan Mencari laba dan memberi pelayanan, dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang menghasilkan barang dan jasa).

Perusahaan ialah organisasi yang didirikan oleh seseorang atau badan tertentu yang merupakan kesatuan teknis yang bertujuan menghasilkan barang dan jasa atau tempat yang berlangsungnya semua proses produksi  yang menggabungkan semua faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa(tujuannya menghasilkan barnag dan jasa).
(Kata Kuncinya didirikan oleh seseroang atau badan tertentu, Tujuanya menghasilkan barang dan jasa).

Bentuk-bentuk badan usaha Indonesia meliputi:

  • PERUSAHAAN PERSEORANGAN

Menurut Swasta (2002), perusahaan perseorangan adalah salah satu bentuk usaha yang dimiliki oleh seseorang dan ia bertanggung jawab sepenuhnya terhadap semu resika dan kegiatan perusahaan. Dengan tidak adanya pemisahan pemilikan antara hak milik pribadi dengan milik perusahaan, maka harta benda pribadi juga merupakan kekayaan perusahaan, yang setiap saat harus menanggung utang-utang perusahaan.

  • FIRMA

Berasal dari bahasa Belanda venootschap onder firma yang berarti perserikatan dagang antara beberapa perusahaan. Bisa dibilang firma adalah badan usaha yang didirikan oleh dua orang atau lebih dimana tiap-tiap anggota beratanggung jawab penuh atas perusahaan dan modal berasal dari anggota pendiri serta laba/keuntungan yang dibagikan keada anggota dengan perbandingan yang sesuai dengan akta pendirian. Firma memiliki ciri sebagai berikut:

  • Para sekutu aktif di dalam mengelola perusahaan.
  • Tanggung jawab yang tidak terbatas atas segala resiko yang terjadi.
  • Akan berakhir jika salah satu anggota mengundurkan diri atau meninggal dunia.
  • KOPERASI

Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.prinsip koperasi terbaru yang dikembangkan International Cooperative Alliance (Federasi koperasi non-pemerintah internasional) adalah
·         Keanggotaan yang bersifat terbuka dan sukarela
·         Pengelolaan yang demokratis,
·         Partisipasi anggota dalam ekonomi,
·         Kebebasan dan otonomi,
·         Pengembangan pendidikan, pelatihan, dan informasi.

  • BUMN

Badan Usaha MIlik Negara (atau BUMN) ialah badan usaha yang permodalannya seluruhnya atau sebagian dimiliki oleh Pemerintah. Status pegawai badan usaha-badan usaha tersebut adalah karyawan BUMN bukan pegawai negeri. BUMN sendiri sekarang ada 3 macam yaitu Perjan, Perum dan Persero. Dengan mengelola berbagai produksi BUMN,pemerintah mempunyai tujuan untuk mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa publik oleh perusahaan swasta yang kuat.Karena,apabila terjadi monopoli pasar atas barang dan jasa yang memenuhi hajat hidup orang banyak,maka dapat dipastika bahwa rakyat kecil yang akan menjadi korban sebagai akibat dari tingkat harga yang cenderung meningkat.
–          Manfaat BUMN:
·         Memberi kemudahan kepada masyarakat luas dalam memperoleh berbagai alat pemenuhan kebutuhan hidup yang berupa barang atau jasa.
·         Membuka dan memperluas kesempatan kerja bagi penduduk angkatan kerja.
·         Mencegah monopoli pasar atas barang dan jasa yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak oleh sekelompok pengusaha swasta yang bermodal kuat.
·         Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi komoditi ekspor sebagai sumber devisa,baik migas maupun non migas.
·         Menghimpun dana untuk mengisi kas negara ,yang selanjutnya dipergunakan untuk memajukan dan mengembangkan perekonomian negara.

  • PERJAN (PERUSAHAAN JAWATAN)

Perjan adalah bentuk badan usaha milik negara yang seluruh modalnya dimiliki oleh pemerintah. Perjan ini berorientasi pelayanan pada masyarakat, Sehingga selalu merugi. Sekarang sudah tidak ada perusahaan BUMN yang menggunakan model perjan karena besarnya biaya untuk memelihara perjan-perjan tersebut sesuai dengan Undang Undang (UU) Nomor 19 tahun 2003 tentang BUMN. Contoh Perjan: PJKA (Perusahaan Jawatan Kereta Api) kini berganti menjadi PT.KAI.

  • PERUM (PERUSAHAAN UMUM)

Perum adalah perjan yang sudah diubah. Tujuannya tidak lagi berorientasi pelayanan tetapi sudah profit oriented. Sama seperti Perjan, perum di kelola oleh negara dengan status pegawainya sebagai Pegawai Negeri. Namun perusahaan masih merugi meskipun status Perjan diubah menjadi Perum, sehingga pemerintah terpaksa menjual sebagian saham Perum tersebut kepada publik (go public) dan statusnya diubah menjadi persero.
–          Ciri-ciri Perusahaan Umum (Perum):
·         Melayani kepentingan masyarakat umum.
·         Dipimpin oleh seorang direksi/direktur.
·         Mempunyai kekayaan sendiri dan bergerak di perusahaan swasta. Artinya,perusahaan umum(PERUM) bebas membuat kontrak kerja dengan semua pihak.
·         Dikelola dengan modal pemerintah yang terpisah dari kekayaan negara.
·         Pekerjanya adalah pegawai perusahaan swasta.
·         Memupuk keuntungan untuk mengisi kas negara.
Contohnya : Perum Pegadaian, Perum Jasatirta, Perum DAMRI, Perum ANTARA,Perum Peruri,Perum Perumnas,Perum Balai Pustaka.

  • PERSERO

Persero adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah. Berbeda dengan Perum atau Perjan, tujuan didirikannya Persero yang pertama adalah mencari keuntungan dan yang kedua memberi pelayanan kepada umum. Modal pendiriannya berasal sebagian atau seluruhnya dari kekayaan negara yang dipisahkan berupa saham-saham. Persero dipimpin oleh direksi. Sedangkan pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta. Badan usaha ditulis PT < nama perusahaan > (Persero). Perusahaan ini tidak memperoleh fasilitas negara. Jadi dari uraian di atas, ciri-ciri Persero adalah:
·         Tujuan utamanya mencari laba (Komersial)
·         Modal sebagian atau seluruhnya berasal dari kekayaan negara yang dipisahkan yang berupa saham-saham
·         Dipimpin oleh direksi
·         Pegawainya berstatus sebagai pegawai swasta
·         Badan usahanya ditulis PT (nama perusahaan) (Persero)
·         Tidak memperoleh fasilitas negara
Contoh perusahaan yang mempunyai badan usaha Persero antara lain:
·         PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
·         PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.
·         PT Garuda Indonesia (Persero)
·          PT Angkasa Pura (Persero)
·          PT Perusahaan Pertambangan dan Minyak Negara (Persero)
·         PT Tambang Bukit Asam (Persero)
·         PT Aneka Tambang (Persero)
·         PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero)
·         PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
·         PT Pos Indonesia (Persero)
·         PT Kereta Api Indonesia (Persero)
·         PT Adhi Karya (Persero)
·         PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)
·         PT Perusahaan Perumahan (Persero)
·         PT Waskitha Karya (Persero)
·         PT Telekomunikasi Indonesia (Persero)

  • BUMS

Badan Usaha Milik Swasta atau BUMS adalah badan usaha yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau sekelompok orang. Berdasarkan UUD 1945 pasal 33, bidang- bidang usaha yang diberikan kepada pihak swasta adalah mengelola sumber daya ekonomi yang bersifat tidak vital dan strategis atau yang tidak menguasai hajat hidup orang banyak.

 

PERKEMBANGAN INTEL COORPORATION

Sejarah Perusahaan

Intel didirikan pada tahun 1968 oleh Gordon E. Moore (dari “Hukum Moore” ketenaran, seorang ahli kimia dan fisika) dan Robert Noyce (seorang ahli fisika dan co-penemu sirkuit terpadu) ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor. A number of other Fairchild employees also went on to participate in other Silicon Valley companies. Sejumlah karyawan Fairchild lain juga terus berpartisipasi dalam lain Silicon Valley perusahaan. Intel karyawan ketiga Andy Grove, seorang insinyur kimia, yang menjalankan perusahaan melalui banyak dari tahun 1980-an dan 1990-an pertumbuhan tinggi. Grove sekarang dikenang sebagai kunci perusahaan bisnis dan strategis pemimpin. Pada akhir 1990-an, Intel merupakan salah satu yang terbesar dan paling sukses di dunia bisnis.

Asal nama

Pada pendiriannya, Gordon Moore dan Robert Noyce ingin nama perusahaan baru mereka Moore Noyce. Namun, terdengar sangat mirip dengan lebih kebisingan – tidak cocok sebuah nama untuk sebuah elektronik perusahaan, karena gangguan ini biasanya terkait dengan buruk gangguan. Mereka kemudian menggunakan nama NM Electronics selama hampir satu tahun, sebelum memutuskan untuk menelepon perusahaan mereka INA egrated EL ectronics atau Intel pendek .Namun, Intel sudah merek dagang oleh sebuah hotel rantai, jadi mereka harus membeli hak atas nama itu pada awalnya.

The original INTEL logo, trademarked at the USPTO , and used by Intel Corporation INTEL asli logo, merek dagang di USPTO, dan digunakan oleh Intel Corporation

Intel menyatakan pertama gunakan di mana saja untuk merek dagang mereka adalah pada 11 Maret 1969. Dalam permohonan kepada USPTO perusahaan menyediakan deskripsi, “sirkuit terpadu, register, dan semikonduktor kenangan,” kelihatannya sangat berbeda dari hotel. Tanggal pendaftaran untuk merek dagang INTEL adalah pada tanggal 15 Juni 1971.

Selama lebih dari 40 tahun, Intel telah tekun melindungi merek mereka merek dagang dari pihak ketiga dan berlaku untuk setiap produk dan jasa perusahaan menjual.

Sejarah awal

Pada pendiriannya, Intel dibedakan hanya dengan kemampuannya untuk membuat semikonduktor, dan produk utamanya statis random access memory (SRAM) chip. Intel bisnis berkembang selama 1970-an seperti memperluas dan memperbaiki proses manufaktur dan menghasilkan produk lebih luas, masih didominasi oleh berbagai perangkat memori.

Sementara Intel menciptakan pertama yang tersedia secara komersial mikroprosesor (Intel 4004) pada tahun 1971 dan salah satu mikrokomputer pada tahun 1972, [15] [16] oleh bisnis awal 1980-an didominasi oleh dinamis random access memory chips. Namun, meningkatnya persaingan dari produsen semikonduktor Jepang itu, tahun 1983, secara dramatis mengurangi profitabilitas pasar ini, dan tiba-tiba keberhasilan IBM komputer pribadi yakin lalu-CEO Grove untuk memindahkan fokus perusahaan untuk mikroprosesor, dan untuk mengubah aspek-aspek mendasar yang model bisnis.

Kebetulan didukung oleh posisinya sebagai pemasok mikroprosesor IBM dan para pesaingnya dalam pertumbuhan pesat pasar komputer pribadi, Intel memulai 10 tahun dalam pertumbuhan belum pernah terjadi sebelumnya sebagai primer (dan paling menguntungkan) pemasok perangkat keras untuk industri PC. By the end of the 1990s, its line ofPentium  processors had become a household name. Pada akhir 1990-an, lini Pentium prosesor telah menjadi nama rumah tangga.

Visi

Di Intel, kami terus-menerus mendorong batas-batas inovasi agar dapat membuat kehidupan orang lebih menarik, lebih memuaskan, dan lebih mudah untuk mengelola. Komitmen yang kuat untuk bergerak maju teknologi telah mengubah dunia dengan pesat.

Kami adalah perusahaan yang selalu bergerak, bahan bakar industri yang tidak pernah selesai. Kami mengilhami mitra kami untuk mengembangkan produk dan layanan inovatif, rally industri untuk mendukung produk baru, dan drive standar industri. Kami melakukan hal ini sehingga kami dapat memberikan solusi yang lebih baik secara kolektif dengan keuntungan yang lebih besar lebih cepat.

TUJUAN

Melompat ke depan – dua kata ini fokus berkendara di Intel. Tugas kita adalah untuk mencari dan mendorong lompatan berikutnya ke depan – dalam teknologi, pendidikan, budaya, tanggung jawab sosial, manufaktur dan banyak lagi – untuk terus mendorong pelanggan kami, mitra, konsumen dan bisnis untuk bergabung bersama kami saat kami terus mengambil menarik lompatan maju.

Pada akhirnya, ini bukan hanya tentang teknologi membuat lebih cepat, lebih pintar, dan lebih murah – ini tentang menggunakan teknologi untuk membuat hidup lebih baik, lebih kaya dan lebih nyaman bagi setiap orang yang disentuhnya.

Analisis:

sesuai visi perusahaan, product yang dikeluarkan oleh intel mendapat respon baik dari para konsumen serta para instansi atau perusahaan yang menjadi relasinya.  Dan apabila dicermati kembali visi perusahaan dan tujuan perusahaan semakin jelas terlihat untuk mencapai target yang diinginkan.

Behaviour “Intel Corporation”

 

Sejak kapan Intel menggunakan social media  sebagai strategi marketing?

Kami telah melakukan strategi ini secara konsisten beberapa tahun terakhir. Social media merupakan kesempatan yang bagus bagi kami untuk bisa meningkatkan relevansi brand. Selain bisa berinteraksi dengan para pengguna Intel, kami juga bisa menghibur, mencerahkan, dan memperkaya wawasan mereka melalui social media . Pengguna Intel tidak saja mendapatkan informasi teknologi terkini yang sedang kami kembangkan, tapi juga jawaban seputar permasalahan teknologi yang kerap mereka temui.

Sebagai perusahaan B2B (Business to Business) yang tidak menjual produk langsung kepada pengguna, mengapa Intel menggunakan social media  untuk berinteraksi dengan mereka?

Sebagaimana diketahui, Intel merupakan produk di dalam komputer. Dan model bisnis kami bukanlah penjualan langsung. Oleh karena itu,  kami tidak membuat kampanye untuk meningkatkan penjualan namun mempunyai tugas memberikan pemahaman kepada masyarakat akan manfaat yang bisa didapatkan dari produk Intel. Yang ingin kami sampaikan kepada dunia, bagaimana orang-orang bisa menciptakan keriangan hidup melalui PC (personal computer).

Apakah yang membedakan social media  dengan kampanye lain?

Social media  bukanlah sekedar kampanye biasa. Meski berbasis digital, social media idak bisa disamakan dengan kampanye CPC (Cost Per Clik) atau CPM (Cost Per 1000 Impression). CPC dan CPM merupakan iklan di internet dengan sistem pembayaran per klik. Keduanya dapat meningkatkan traffic ke sebuah situs, bahkan bisa meningkatkan penjualan. Namun dalam bisnis yang berkaitan dengan jumlah pelanggan yang sangat besar, tingginya penjualan bukanlah parameter utama dalam menilai kesuksesan.

Banyak perusahaan berpendapat bahwa social media merupakan alat ampuh untuk meningkatkan penjualan. Bagaimana dengan Intel?

Sungguh kesalahan fatal bila ada yang berpikir demikian. Social media sebenarnya alat untuk menjalin silaturahmi dengan pelanggan, bukan untuk meningkatkan sales. Dengan social media, kami dapat menangkap opini masyarakat tentang produk Intel. Sehingga, kami dapat mengetahui apa yang mereka butuhkan. Untuk menjalankan peran tersebut, kami memiliki tim yang sangat profesional di bidang social media . Mereka mampu mengampanyekan brand secara efektif dan efisien.

 

Sumber:

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s